Breaking News

Halaman

Wednesday, November 30, 2016

TIPS MERAWAT FRAME KACAMATA

TIPS MERAWAT FRAME KACAMATA

Secara garis besar yang dapat merusak frame kacamata Anda dengan cepat adalah kurangnya kebersihan dan kehati-hatian dalam perawatan dan penggunaan.

Sebelum menginjak pada tahap perawatan tidak ada salahnya kalau kita mulai dulu dari penyebab kerusakan itu sendiri agar bisa kita lakukan tindakan preventive terlbih dahulu.
Diantara penyebab kerusakan secara garis besar yaitu:

1.       Settingan
Settingan frame yang tidak nyaman memiliki andil yang cukup berpengaruh pada keawetan frame kacamata Anda. Frame kendor maupun terlalu kencang pasti tidak nyaman saat digunakan.

2.       Keringat
Kuantitas dan intesitas keasaman keringat sangat berpengaruh besar dalam menentukan awet atau tidaknya frame yang Anda pakai. Semakin Tinggi kuantitas keringat yang Anda keluarkan dan terkena langsung pada material frame kacamata Anda, maka resiko kerusakan akan lebih tinggi dan lebih cepat. Terlebih pada frame kacamata berbahan logam tentu lebih akan cepat maupun lambat akan mengalami korosi dan abrasi disebabkan oleh gesekan (kontak) dengan kulit maupun kalah dengan keasaman keringat Anda.

3.       Media dan material pembersih.
Kesalahan dalam memilih alat (media) pembersih baik berupa lap kain, tissue, maupun, benda sejenis dan bahan (material) seperti sabun, deterjen, dan air kran juga tidak lepas dari pengaruh terhadap kebersihan frame kacamata Anda.

4.       Penggunaan
Membeli kacamata sudah pasti untuk digunakan, bukan sekedar untuk koleksi di lemari. Karena kami yakin, tidak semua orang peduli dengan masalah penggunaan. Selama kacamata terasa nyaman saat dipakai tentu tidak akan terasa jika kesalahan penggunaan juga berpengaruh pada umur frame kacamata.

5.       Penyimpanan
Tentu saja tidak mungkian Anda tidak melepas kacamata Anda, baik hanya sebentar maupun dalam kurun waktu tertentu. Kesalahan saat meletakkan atau meyimpan kacamata yang sedang tidak digunakan bisa memperpendek usia dan memperburuk tampilan frame kacamata Anda.

Setelah kita ketahui beberapa penyebab kerusakan, so.. kita akan mulai mengungkap solusinya.

1.       Kurangi kontak kulit dan posisikan senyaman mungkin
Semakin sedikit bagian frame kacamata yang tersentuh kulit, akan memperkecil gesekan dan kontak langsung dengan sumber keringat. Daerah rawan bersentuhan dengan kulit adalah area yang paling dekat atau sekitar nosepad dan pelipis atu sekitar telinga. Setingan yang nyaman yaitu tidak telalu kencang dan tidak kendor. Setingan kendor dapat menyebabkan mudah turun (melorot), sedangkan telalu kencang membuat sebagian area kepala tidak nyaman dan sering terjadi gesekan cukup kuat saat dipakai dan dilepas, terutama daerah hidung dan bagian pelipis. Periksa juga kekencangan baut engsel jangan terlalu kendor sehingga tangkai terlalu lunglai, dan juga jangan terlalu kencanga karena dapat merusak engsel lebih lebih cepat. Tambahkan pelumas pada engsel jika diperlukan.

2.       Segera bersihkan
Pengaruh keringat tidak lepas dari setingan sebagaimana telah kami bahas sebelumnya, semakin sedikit kontak bagian frame kacamata dengan kulit akan mengurangi dampak negatif dari asam keringat. Apabila memang tidak terelakkan, segera bersihkan bagian yang sering terkena keringat dengan media dan material yang aman sebagaimana akan dibahas berikut.

3.       Gunakan Lap halus, lembut, dan sedikit kesat
Kami sarankan gunakan lap yang berbahan microfiber, untuk tahap awal (menyingkirkan debu dan kotoran) bisa menggunakan tissue diberi sedikit air hangat atau cairan pembersih khusus frame dan lensa. Selanjutnya bisa gunakan microfiber untuk langkah berikutnya. Perlu diperhatikan, jangan gunakan pakaian (baju, kaos, kerudung, dsb) atau kain kasar, hal tersebut sanga tidak disarankan karena hanya mempertipis lapisan pelindung dan cat frame kacamata Anda. Apabila ditemukan lumut (tumpukan debu dan keringat yang berwarna hijau/kehitaman) di beberapa bagian frame Anda segera buang sampai bersih. Kotoran tersebut biasa ditemui diarea nosepad, pad-arm, engsel- dan dibalik kerangka tangkai, terutama yang tangkainya menggunakan tambahan bantalan (ex: bagian karet tangkai frame Oakley). Khusus untuk kasus ini Anda bisa mengunakan tissue yang telah diberi cairan spiritus (ethanol) secukupnya. Ingat, gunakan spiritus secukupnya saja, karena bisa merusak cat jika berlebihan.

4.       Gunakan prosedur aman
Saat memakai dan melepas kacamata, selalu gunakan kedua tangan Anda jangan memakai dan melepas dengan satu tangan, karena lebih beresiko patah pada engselnya. Juga saat memakai dan melepas mulailah masukkan ujung tangkai melewati pelipis melaui depan wajah, jangan lewat atas. Posisi di atas pelipis cenderung lebih lebar yang dapat membuat tangkai terbuka lebih lebar sehingga dapat berakibat engsel maupun spring (per) tangakai frame kacamata rusak.

5.       Hindarkan dari bahaya

Bahaya bagi frame kacamata tidak selalu terjatuh dari ketinggian, namun jangkauan dari anak-anak dan gesekan benda tempat Anda meletakkan kacamata juga memiliki resiko tersendiri. Apabila sekedar diletakkan sebentar, pastikan jauh dari jangkauan anak-anak, taruh ditempat yang kering dan bertekstur halus. Dan apabila untuk disimpan dalam jangka waktu tertentu, pastikan sudah dibersihkan dahulu dengan prosedur yang telah dijelaskan sebelumnya. Simpan Hindarkan dari uap air (kelembaban) karena hanya mempercepat korosi (untuk frame logam) dan frame plastik dapat merubah bagian tertentu menjadi usang. Pastikan tersimpan dalam hardcase dan kami sarankan tambahkan silica gel untuk menyerap kelembaban agar kondisi frame tetap kering.

Demikian uraian seputar tips dan cara perawatan frame kacamata kesayangan Anda agar lebih tahan lama dan tetap nyama diapakai.
Edited By ayawarna